Artikel Lainnya

Sangjit, Bingkisan Seserahan Pra Nikah

Apr 04, 2018

Prosesi yang juga penting untuk dilaksanakaaan sebelum memasuki pernikahan adalah prosesi Sangjit. Sangjit artinya prosesi seserahan dalam adat Tionghoa dimana mempelai laki-laki membawa seserahan untuk diberikan kepada mempelai perempuan. Prosesi ini biasanya dilakukan antara sebulan atau seminggu sebelum resepsi pernikahan dan dilakukan pada siang hari.

Ketika proses sangjit, mempelai pria dan keluarganya membawa seserahan ke kediaman mempelai wanita. Isi dari sangjit itu sendiri sebelumnya sudah dibicarakan terlebih dahulu oleh kedua mempelai, tentunya disesuaikan dengan kemampuan mempelai pria. Pastinya jumlah sangjit yang diberikan haruslah genap, seperti 6, 8, atau 12 kecuali 4 karena angka tersebut adalah angka kematian.

Biasanya barang-barang yang dijadikan sangjit antara lain;

Supaya sangjit terlihat manis, maka masing-masing item dapat dihias. Menghias nampan sangjit bisa dibilang menjadi suatu ‘kewajiban’ karena setiap barang yang diberikan haruslah terlihat cantik. Banyak cara atau kreasi yang digunakan untuk menghias sangjit, bisa dengan box, nampan kayu, atau kotak akrilik. Beberapa waktu lalu, Aspertina sempat bertemu dengan salah seorang pengrajin sangjit bernama Nina Patrisia dan berbincang bagaimana caranya menghias sangjit.

Nina merancang sangjit dengan desain yang simpel, tidak banyak menggunakan ornamen. Ornamen yang selalu ada dalam desainnya berupa pita atau sticker dengan lambang “Shuang Xi” yaitu Double Happiness.  “Kemudian agar terlihat lebih manis lagi, ditambahkan sentuhan bunga, dan aksesoris lainnya yang mendukung barang-barang dari kedua mempelai.” ujar pemilik Patty Hampers ini kepada Aspertina.

Disamping itu, dalam setiap desainnya ia juga mengikuti perkembangan zaman dan tentunya permintaan dari calon pengantin. Contohnya penggunaan warna merah pada sangjit, kini bisa dipadu padankan dengan warna lain. “Dahulu sangjit identik dengan warna merah karena melambangkan keberuntungan. Namun seiring berjalannya jaman yang makin modern saat ini banyak juga yang menggunakan warna gold ataupun warna pastel. Walau tetap ada unsur warna merahnya,” ucap wanita yang mengawali bisnis ini dari hobi. (Aspertina/TR)

Sumber foto: Patty Hampers

Sekretariat Aspertina
EightyEight@Kasablanka Building Floor 32nd Unit A
Jl. Casablanca Raya Kav. 88
Jakarta 12870. INDONESIA

Phone :+62 21-29820200. Fax : +62 21-29820144

Copyrights © 2011-2016. Asosiasi Peranakan Tionghoa Indonesia. All Rights Reserved.